Apa Beda Perempuan & Laki-Laki?

when a men

Judul Buku : Why Men Never Remember & Women Never Forget

Penulis: Dr Marianne J Legato

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

(Dokumentasi Tulisan Lama)

KAUM laki-laki barangkali sering mengalami ketidakmengertian seperti ini: Mengapa hanya karena persoalan sepele pasangan Anda bisa marah besar dan berlangsung begitu lama? Mengapa perempuan selalu ingin membicarakan hubungan?

Sementara itu, kaum perempuan sering bertanya, mengapa laki-laki tak bisa melihat ada yang sedang mengganggu perasaan perempuan? Mengapa laki-laki sepertinya tak pernah mendengarkan?

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah. Buku ini berguna menjembatani patahnya komunikasi antara perempuan dan laki-laki. Baik dalam hubungan rumah tangga, pekerjaan, ataupun pergaulan sehari-hari.

Melalui buku ini, Legato menjelaskan mengapa laki-laki dan perempuan berbeda. Apa saja yang mendasari perbedaan, bagaimana harus disikapi, dan apa solusinya? Buku ini dilengkapi contoh kasus dan penjelasan ilmiah yang mampu menjawab berbagai pertanyaan mendasar, seperti mengapa begitu sulit bagi perempuan dan laki-laki untuk saling mengerti? Apa yang bisa dilakukan untuk bisa saling mengerti?

Profesor obat klinis di Columbia University itu menjelaskan antara lain secara ilmiah perempuan memiliki lebih banyak materi abu-abu di bagian depan korteks otak, pusat pelaksana otak, dan CEO yang mengendalikan perilaku kompleks. Itu memungkinkan pemrosesan sejumlah arus informasi berbeda pada waktu bersamaan. Itu pula yang menjelaskan mengapa perempuan selalu mengingat detail, memiliki kemampuan nonverbal (membaca mimik wajah) lebih baik, dan bisa melakukan banyak pekerjaan dalam waktu bersamaan (multitasking).

Di sisi lain, pada laki-laki, sebagian besar waktunya hanya mengaktifkan satu sisi otak. Itu menjadi jawaban mengapa laki-laki lebih berkonsentrasi pada satu hal setiap kali mengidentifikasikan masalah, mendapatkan jalan keluar, dan bergerak maju. Hal itu juga menjelaskan mengapa laki-laki sering sulit mengerti alasan kemarahan perempuan yang berkepanjangan. Dan, mengapa saat semua sudah selesai, perempuan sulit melupakan.

Legato yang kini mengetuai Partnership for Gender Spesific Medicine menjabarkan  perbedaan beserta penyebabnya. Akhirnya, seperti ditulis Legato, memahami perbedaan itu akan membantu kita membangun kedekatan, kesamaan, dan belajar satu sama lain.

Leave a comment

Filed under Psikologi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s