In Cold Blood

Genre Baru Capote

Judul : In Cold Blood
Penulis : Truman Capote
Penerbit: Bentang Pustaka

 

DALAM pembahasan jurnalisme sastrawi, novel non fiksi In Clood Blood selalu menjadi contoh. Truman Capote sang penulis menjadi salah satu peletak dasar gaya penulisan baru. Di Indonesia mulai dikenalkan pada tahun 2000 dengan sebutan jurnalisme sastrawi.

In Cold Blood terbit pada 1965. Bercerita tentang kisah nyata pembunuhan keluarga Herbert Clutter di kota kecil Holcomb, Kansas. Capote tertarik untuk melakukan penulisan kasus tersebut. Bersama sahabat masa kecilnya, Harper Lee, dia melakukan riset selama enam tahun.

Dalam kelas jurnalistik, Madeleine Blais, dosen di Universitas Massachusetts, selalu membawa novel ini untuk menunjukkan bahwa suatu peristiwa yang semula biasa saja bisa diubah menjadi sangat menarik. Dia juga menunjukkan bagaimana sebuah fakta bisa ditulis dengan gaya fiksi. “Ini sangat indah. Sebuah keajaiban,” katanya.

Jack Hart, managing editor dari The Oregonian, surat kabar harian Portland’s juga memuji novel tersebut. Dia menyebut Capote sebagai salah satu penulis yang berkontribusi pada kelahiran jurnalitik gaya baru.

Tom Wolfe, wartawan senior memperkenalkan gaya ini. Sekitar 1970-an, Wolfe dan rekannya EW Johnson menerbitkan antologi The New Journalism. Mereka memasukkan beberapa nama selain Capote. Antara lain Hunter S Thompson, Joan Didion, Jimmy Breslin.
Dituliskan bahwa jurnlisme gaya baru ini berbeda dari reportase sehari-hari karena dalam bertutur menggunakan adegan demi adegan, reportase yang lebih menyeluruh dan mendalam, serta memakai sudut pandang orang ketiga. Setiap adegan digambarkan dengan detail.

Capote
Sebelum In Cold blood lahir, Capote sudah menjadi selebritas. Tidak hanya di dunia kepenulisan, tetapi juga musik. Dia digambarkan sebagai sosok jenius
Seperti teman masa kecilnya Harper Lee, Capote pemuja kesetaraan. Dia juga memuja kebebasan individu. Pada 1950-an, ia terang-terangan mengakui bahwa dirinya gay.

Terlepas dari itu, Capote melahirkan cukup banyak karya. Di antaranya novel Breakfast at Tiffany yang sudah difilmkan dengan pemeran utama Audrey Hepburn. Capote juga tercatat sebagai penulis di majalah The New Yorker.
Kehidupannya bisa disimak lewat film tentang perjalanan hidup Capote yang dimainkan Philip Seymour Hoffman. Pada 2006 Hoffman mendapatkan penghargaan Academy Award sebagai Aktor Terbaik lewat film ini.

Dibuat berdasarkan biografi Capote yang ditulis Gerard Clarke. Clarke menggambarkan sosok Capote yang gemar pesta, menikmati popularitas, dan memang seorang jenius.

Bisa dikatakan, In Cold Blood adalah puncak karyanya. Namun, di sini pula Capote terjebak dalam belitan popularitas dan nurani. Dia jatuh simpati pada Perry, salah satu kriminal yang membantai keluarga Clutter.
Dia berniat membantu melepas Perry dari hukuman mati. Namun, keinginan melihat kesuksesan buku yang sudah menyedot enam tahun hidupnya menjadi hambatan.

Clarke dan beberapa teman dekat menjadi saksi kejatuhan mental Capote. Sejak Perry dihukum gantung, dia tidak pernah melahirkan lagi karya. Capote tenggelam dalam kehidupan hura-hura, dan akhirnya meninggal dalam usia 59 tahun. Salah satu penyebabnya kecanduan alkohol.
—————-

Biografi
Nama : Thurman Capote
Tanggal lahir : 30 September 1942
Karya-Karya Capote:
– Novel
Summer Crossing, Other Voices, Other Rooms, The Grass Harp, Breakfast at Tiffany’s, Answered Prayers: The Unfinished Novel, The Beautiful and the Damned

– Cerita pendek
The Thanksgiving Visitor, Mojave, La Cote Basque, 1965 · Unspoiled Monsters, Kate McCloud, One Christmas, Miriam, A Christmas Memory

– Koleksi cerita pendek
Music for Chameleons, A Tree of Night and Other Stories, The Complete Stories of Truman Capote, A Capote Reader

– Esai
Music for Chameleons, The Dogs Bark

– Screenplays
Beat the Devil, The Innocents, The Great Gatsby

– Musikal
House of Flowers

– Non fiksi
The Muses Are Heard, In Cold Blood, Too Brief a Treat: The Letters of Truman Capote

Leave a comment

Filed under Novel, Sastra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s