Kisah 47 Ronin

ronin

Judul : Kisah 47 Ronin

Penulis : John Allyn

Penerbit : Matahati

(Dokumentasi Tulisan lama)

INI novel yang didasari kisah nyata. Bercerita tentang 47 ronin yang ingin membalas dendam kematian majikannya. Cerita terjadi pada masa pemerintahan Shogun, di awal abad 18. Tepatnya ketika kekacauan dan kelaparan terjadi di mana-mana.

Lord Asano, pemimpin klan Asano, bertekad mempertahankan prinsip keadilan. Ia tidak mau terlibat dalam intrik dan suap-menyuap pejabat di istana. Sampai kemudian, prinsip itu membuat ia melukai Kira, pejabat kepercayaan kaisar. Lord Asano pun dihukum mati.

Para samurai yang selama ini mengabdi bertekad membalas dendam. Dari beberapa ratus yang sebelumnya tergabung dalam klan Asano, tersisa 47 yang memiliki tekad sekuat baja. Mereka harus menunggu dua tahun untuk bisa membalas dendam. Dan selama masa penantian, terjadi banyak kendala. Bukan hanya dari musuh, melainkan terutama dari dalam diri para samurai untuk memelihara semangat dan kepercayaan pada sesama teman.

Menanti memang bukan hal mudah. Tapi akhirnya, perjuangan mereka tidak sia-sia. Niat balas dendam pun tercapai. Tindakan mereka memberi makna baru tentang pengabdian dan kesetiaan.

John Allyn meramu kisah ini dengan aliran ringan. Tentang pilihan mempertaruhkan klan, emosi masa muda, prinsip, harga diri, hingga jalan samurai. Di akhir cerita, tindakan 47 ronin mendapat penghormatan tinggi dari masyarakat, pun kekaisaran. Namun, peraturan tetaplah peraturan. Mereka dihukum mati. Namun, mereka berhak mendapat kematian dengan cara terhormat ala samurai. Meski sudah tidak memiliki majikan, mereka diizinkan bunuh diri dengan upacara agung yang disebut sepupuku.

Sebagai sebuah bacaan, novel ini cukup menghibur. Alur ceritanya mengalir, terjemahannya pun bagus. Sayang John Allyn kurang memberi napas suasana, peraturan, dan filsafat samurai. Meski demikian, novel ini menjadi menarik karena jejak 47 ronin masih bisa dilihat di Kuil Sengakuji, Jepang. Sampai sekarang, setiap 14 Desember, di kuil tersebut selalu diadakan upacara kesetiaan untuk memperingati 47 ronin.

About these ads

Leave a comment

Filed under Buku Jepang, Samurai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s